pa-demak.go.id

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • a sertifikat iso web.jpg
  • header new1 copy.jpg
  • header new2 copy.jpg
  • online.jpg
  • onlinex.jpg

HUT MARI 73

E-mail Print PDF

 

UPACARA BENDERA DALAM RANGKA MEMPERINGATI HUT MAHKAMAH AGUNG RI KE-73

SE-KOORDINATOR SEMARANG BERSAMA LINGKUNGAN 4 PERADILAN (PT,PTA,PN,PA,PTUN,DIL/MIL)

HUTMARI73 11

Semarang, 19 Agustus 2018.

Bertempat di Lapangan Pusat Pendidikan Penerbangan TNI Angkatan Darat di Jalan PUAD No.1 Kalibanteng, Semarang, dilaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Jadi Mahkamah Agung RI yang ke-73 yang diikuti oleh Empat Lingkungan Peradilan di Wilayah Karesidenan Semarang. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor:1074/SEK/HM.01.2/08/2018 tanggal 9 Agustus 2018 Perihal Upacara Bendera Memperingati Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI ke-73.

Bertindak sebagai pembina upacara yaitu Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Bapak Dr. Nommy HT. Siahaan, S.H., M.H.. Dalam amanatnya beliau menyampaikan amanat Ketua Mahkamah Agung RI pada Hari Jadi Mahkamah Agung RI ke-73 yang berjudul Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi.

Isi amanatnya antara lain sebagai berikut: Peringatan hari jadi Mahkamah Agung ini bukan hanya sekedar ajang seremonial yang kita selenggarakan setiap tahun namun lebih dari itu momentum ini harus menjadi bahan renungan dan evaluasi bagi kita semua terhadap apa yang telah kita capai dan lakukan selama 1 tahun ke belakang. Sebagai aparatur lembaga peradilan kita harus tetap prima dan tangguh kesehatannya dalam menghadapi berbagai tantangan dan problematika yang akhir-akhir ini banyak menjadi sorotan publik. Para hakim dan seluruh aparatur peradilan dituntut untuk bekerja lebih keras lagi agar mampu mewujudkan ekspektasi masyarakat yang begitu tinggi kepada lembaga Peradilan, faktor integritas dan profesionalitas aparatur menjadi indikator utama dalam membangun kepercayaan publik. Untuk meningkatkan kepercayaan publik tolak ukur utama bagi pengadilan adalah mampu memberikan putusan yang berkualitas bagi pihak pihak yang berperkara. Mahkamah Agung mendorong pemanfaatan teknologi informasi sebagai bagian dari modernisasi lembaga peradilan yang dapat membantu mengatasi segala hambatan dan rintangan demi tercapainya peradilan yang sederhana cepat dan biaya ringan.

Pada pertengahan tahun 2018 tepatnya pada tanggal 4 April 2018 Mahkamah Agung telah Melakukan lompatan besar di bidang transformasi teknologi dengan menerbitkan perma nomor 3 tahun 2018 tentang administrasi perkara di bidang pengadilan secara elektronik format tersebut memberikan payung hukum bagi implementasi aplikasi e-court dengan 3 fitur utama yaitu pendaftaran perkara (e-filing) pembayaran Panjar uang perkara (e-payment) dan penyampaian pemberitahuan dan pemanggilan persidangan secara elektronik (e-summons).

Terakhir dalam momentum hari jadi Mahkamah Agung ke 73 Ketua Mahkamah Agung RI mencanangkan "ERA BARU PERADILAN MODERN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI". Setelah Upacara selesai, kegiatan dilanjutkan dengan Rangkaian acara yang telah dipersiapkan diantaranya Potong tumpeng, Jalan Sehat dan pengundian doorprise. Kegiatan peringatan Hari Jadi Mahkamah Agung ini terasa berbeda dengan perayaan tahun sebelumnya, karena diadakan diluar kantor dan diikuti oleh banyak peserta dari lingkungan peradilan se-karesidenan Semarang. (Pengadilan Tinggi Jawa Tengah/pt-jawatengah.go.id) 

HUTMARI73 33

HUTMARI73 22

HUTMARI73 44

HUTMARI73 55

 

PA Demak Alamat : Jl. Sultan Trenggono No.23 Demak.