pa-demak.go.id

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • a sertifikat iso web.jpg
  • header new1 copy.jpg
  • header new2 copy.jpg
  • online.jpg
  • onlinex.jpg

SOSIALISASI E COURT

E-mail Print PDF

 

SOSIALISASI PENDAFTARAN PERKARA SECARA ONLINE

  ECOURT1

Demak I 10 Agustus 2018

 

Untuk mewujudkan asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan (Pasal 2 ayat (4) UU No. 48 Th. 2009 Tentang Kekuasaan Kehakiman) dan untuk memenuhi tuntutan dan perkembangan zaman yang mengharuskan adanya pelayanan administrasi perkara di pengadilan secara lebih efektif dan efisien, Mahkamah Agung RI mengeluarkan Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik, yang ditetapkan pada tanggal 29 Maret 2018.

 

Implementasi dari PERMA tersebut, Mahkamah Agung telah mengeluarkan Buku Panduan e-Court sebagai sebuah instrumen pengadilan yang berisi tentang panduan pendaftaran perkara secara online dengan ruang lingkup yang mencakup 3 (tiga) layanan, yaitu e-filing (pendaftaran/pengajuan), e-payment (pembayaran) dan e-summons (panggilan). 

Demikian antara lain paparan sosialisasi e-Court yang disampaikan oleh Ketua Pengadilan Negeri Demak, Dr. Bambang Ekaputra, S.H., M.H. bersama Ketua Pengadilan Agama Demak, Drs. H. Rohmad Ariadi, S.H. dihadapan para Advokat dan para calon Advokat serta beberapa pejabat kepaniteraan maupun jurusita dan kedua lembaga peradilan tersebut.

Pelaksanaan sosialisasi e-Court atas kerjasama PN Demak, PA Demak dan LBH Demak Raya tersebut berlangsung di ruang sidang PN Demak, pada hari Jum’at, 10 Agustus 2018. Acara sosialisasi dimulai pukul 09.30 WIB dengan sambutan Ketua Panitia, Misbakhul Munir, S.H. (LBH Raya), Pimpinan PN Demak, Agam Syarief Baharudin, S.H., M.H. (KPN Demak) dan ditutup dengan pembacaan do’a. Kemudian dilanjutkan dengan sesi presentasi materi sosialisasi dan tanya jawab yang cukup antusias dari para Advokat/ calon Advokat.

Pada kesempatan yang sama nara sumber dari PA Demak, Drs. Ali Irfan, S.H., M.H. menyampaikan sosialisasi terkait penanganan sengketa ekonomi syariah yang dalam presentasinya menyampaikan bahwa layanan pengadilan yang menggunakan bantuan teknologi informasi ini sudah dikenalkan dalam penanganan sengketa perkara ekonomi syariah sebagaimana diatur dalam PERMA Nomor 14 Tahun 2016 Tentang Tata Cara Penyelesaian Perkara Ekonomi Syariah yang dalam ber-acaranya mempedomani pula PERMA Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana. Beberapa ketentuan penggunaan teknologi informasi dalam penyelesaian perkara ekonomi syariah tersebut tercantum pada Pasal 3, Pasal 7 dan Pasal 8 sebagai berikut:

“Gugatan dalam perkara ekonomi syariah dapat diajukan secara lisan atau tertulis dalam bentuk cetak atau pendaftaran secara elektronik.” (Pasal 3 ayat (1) PERMA No. 14 Tahun 2016). “Pemeriksaan terhadap perkara ekonomi syariah dapat dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.” (Pasal 7 ayat (2) PERMA No. 14 Tahun 2016).

“Pemanggilan lanjutan atas kesepakatan para pihak dapat dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.” (Pasal 8 ayat (3) PERMA No. 14 Tahun 2016).

Penanganan sengketa ekonomi syariah di pengadilan agama mengacu pada sistem small claim court atau gugatan sederhana sebagaimana yang diterapkan di beberapa negara seperti Australia dan Inggris. Di negara Inggris gugatan sederhana atau small claim court didefinisikan sebagai pengadilan khusus dimana sengketa diselesaikan secara cepat dan biaya tidak mahal atau murah (Small claims court is a special court where disputes are resolved quickly and inexpensively)”, tambahnya. 

“Penanganan perkara ekonomi syariah mengacu pada PERMA Nomor 2 Tahun 2015. Ada 2 (dua) kemungkinan penanganan perkara ekonomi syariah, yaitu dengan gugatan sederhana dan gugatan dengan acara biasa. Bila nilai gugatan materiil nilainya kurang atau sama dengan Rp 200 juta, ditangani dengan acara sederhana. Jika nilainya lebih dari itu Rp 200 juta, ditangani dengan acara biasa”, pungkasnya. 

Kegiatan sosialisasi yang diikuti oleh sekitar 50 Advokat/ calon Advokat itu berakhir sampai dengan pukul 11.30 WIB. Oleh: Drs.Ali Irfan,SH.,MH.

ECOURT2

ECOURT3

ECOURT4

 

PA Demak Alamat : Jl. Sultan Trenggono No.23 Demak.