pa-demak.go.id

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • a sertifikat iso web.jpg
  • header new1 copy.jpg
  • header new2 copy.jpg
  • online.jpg
  • onlinex.jpg

SOSIALISASI PERMA NOMOR 3 TAHUN 2017

E-mail Print PDF

 

SOSIALISASI PERMA NOMOR 3 TAHUN 2017

PENGADILAN AGAMA SE EKS KARISIDENAN SEMARANG

 1PERMA3

SemarangIwww.pa_demak.go.id

Sosialisasi PERMA Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Mengadili Perkara Perempuan Berhadapan Dengan Hukum Bagi Hakim Pengadilan Agama se Wilayah Karesidenan Semarang yang tertunda hingga ketiga kalinya ini diharapkan merobah mindset para hakim dalam mengadili perkara perceraian.

2PERMA3

Demikian antara lain kata sambutan dalam pembukaan sosialisasi Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2017 yang disampaikan oleh Wakil PTA Semarang, Dr. H. Ahmad Choiri, SH, MH. mewakili Ketua PTA Semarang yang berhalangan hadir karena mengikuti kegiatan di Jakarta.

Kegiatan sosialisasi yang dihadiri Bupati Kabupaten Semarang, Dr. H. Mundjirin ES, SpOG. itu bertempat di Pendopo Kabupaten Semarang, 20 April 2018, dimulai pukul 09.00 WIB dan diikuti oleh pimpinan dan para hakim se eks Karesidenan Semarang.

3PERMA3

WKPTA seusai membuka sosialisasi dengan memukul gong, lalu melanjutkan pembinaan sebagai pemateri utama dalam kegiatan tersebut. Dalam pengantarnya disampaikan bahwa perlunya sosialisasi Perma di atas karena ternyata 99 % hakim di wilayah Jawa Tengah belum menerapkan Perma No 3 Tahun 2017 berupa pemberian hak-hak anak berupa nafkah maupun pengasuhannya.

4PERMA3

Hanya ada satu pengadilan yaitu Pengadilan Agama Demak yang memberikan perlindungan anak berupa nafkah akibat perceraian meskipun tidak diminta atau dalam perkara gugat cerai. Hal ini terjadi tidak semata-mata kesalahan, karena hakim menganut doktrin bahwa hakim tidak boleh mengabulkan apa yang tidak diminta (ultra petita).

5PERMA3

Namun sebenarnya doktrin ultra petita itu tidak berlaku dalam perkara perceraian demi perlindungan perempuan dan anak. Kegiatan sosialisasi dilanjutkan usai sholat Jum'at /kontributor: irfan/

PA Demak Alamat : Jl. Sultan Trenggono No.23 Demak.