pa-demak.go.id

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • a sertifikat iso web.jpg
  • header new1 copy.jpg
  • header new2 copy.jpg
  • online.jpg
  • onlinex.jpg

PEMERIKSAAN REGULER BAWAS

E-mail Print PDF

 

PEMERIKSAAN REGULER BADAN PENGAWASAN MAHKAMAH AGUNG RI

DI PENGADILAN AGAMA DEMAK

 

 BAWAS1

PA Demak |pa-demak.go.id

Pada awal tahun 2017 tepatnya Rabu, 07 Februari 2018 Badan Pengawas Mahkamah Agung MA RI kembali berkunjung ke Pengadilan Agama Demak yang terletak di jalur utama Pantai Utara Pulau Jawa. Kunjungan Badan Pengawas Mahkamah Agung RI kali ini bertujuan Melakukan pemeriksaan rutin/reguler pada Pengadilan Agama Demak yang berlangsung dari hari Rabu s.d Jum’at, tanggal 07 s.d 09 Pebruari 2018.

BAWAS2

 Sesuai surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI, Nomor : KMA/080/SK/VIII/2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengawasan di Lingkungan Lembaga Peradilan dan Surat Keputusan Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI Nomor : 11/BP/SK/II/2018 tanggal 1 Pebruari 2018 tentang Penetapan Susunan Tim Pemeriksaan Reguler Wilayah II.

Tim Pengawas yang dipimpin oleh Ruslan Abd.Gani, Hakim Tinggi Pengawas sebagai Ketua Tim, Sunoto, Hakim Yustisial, sebagai Anggota, Jufri Hardi, Auditor Keuangan sebagai Sekretaris, Eva Lestari Sianturi, Auditor Kepegawaian sebagai Staff Pemeriksa dan Dewi Nurqolbi Triastuti, sebagai Staff Pemeriksa.

BAWAS3

Adapun Area yang menjadi sorotan sasaran oleh Tim BAWAS MA RI Badilag diantaranya adalah melakukan pemeriksaan reguler terkait dengan Biaya Perkara (sisa panjar), Biaya Eksekusi (tidak dicicil), Uang Konsinyasi (harus dengan Penetapan dan ditawarkan sebelumnya, kalau dengan kurs Dollar tidak boleh dirupiahkan), Panggilan/Pemberitahuan delegasi, barang bukti, bantuan hukum, keterbukaan informasi dan penanganan pengaduan serta temuan lain dari pengawas eksternal, serta Meja Informasi dan pengaduan, PERMA Nomor 7 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tatalaksana Panitera dan Sekretaris, SEMA Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Delegasi, PERMA Nomor 1 Tahun 2016 tentang Mediasi; PERMA Nomor 2 Tahun 2015 tentang Gugatan Sederhana, PERMA Nomor 3 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Biaya Proses, Penyerahan salinan/petikan putusan perkara, monitoring barang bukti perkara dan Upaya Hukum.

Menindaklanjuti hasil pemeriksaan/temuan BPK, BPKP dan SIMAK BMN, serta memantau pelaksanaan Peraturan Mahkamah Agung Repbulik Indonesia nomor 9 Tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (Whisttle Blowing System) di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada dibawahnya.

Melakukan Monitoring terkait kedisiplinan Aparatur, kebersihan lingkungan kantor dan pelayanan public serta temuan lain dari pengawas eksternal di wilayah Pengadilan Tingkat Banding pada 4 (empat) lingkungan peradilan. Melakukan opname brangkas terkait uang konsinyasi, uang barang bukti, dan uang pihak ketiga lainnya di Wilayah Pengadilan Tingkat Banding pada 4 (empat) lingkungan peradilan.

BAWAS4

Setelah melakukan pemeriksaan dari area sorotan dan sasaran tersebut team Badan Pengawas mengadakan ekspose kepada seluruh pegawai di lingkungan Pengadilan Agama Demak. Ekspose tersebut dilaksanakan di ruang sidang satu Pengadilan Agama Demak pada hari Jum’at, 9 Pebruari 2018, dihadiri oleh seluruh pegawai. Mereka menyimak dengan serius dan mempelajari hal-hal yang menjadi temuan dan kekurangan di Pengadilan Agama Demak yang disampaikan oleh team BAWAS MA RI dibidang pemeriksaannya masing-masing.

BAWAS5

Selanjutnya dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Agama Demak Drs. H. Rohmad Ariadi,S.H. beliau mengatakan bahwa seluruh warga Pengadilan Agama Demak merasa senang dan mengucapkan terimakasih dengan kunjungan dan bimbingan tim BAWAS MA RI, kemudian tim ini bekerja bukan untuk mencari kekurangan dan kesalahan di Pengadilan Agama Demak, melainkan juga mencari akar permasalahan dan berusaha menutupi permasalahan tersebut. Selanjutnya Ketua Pengadilan Agama Demak juga mengajak kepada seluruh warga Pengadilan Agama Demak untuk bekerja sama sehingga hal-hal yang menjadi permasalahan dapat diatasi agar Pengadilan Agama Demak dapat menjadi lebih baik, Beliau juga menyampaikan permohonan maaf kepada Tim BAWAS apabila kurang dalam hal penyambutan.

BAWAS6

Acara di akhiri dengan serah terima Lembar Temuan Pemeriksaan Reguler oleh Ketua Tim Pemeriksa kepada Ketua Pengadilan Agama Demak. Semoga saja, dengan kunjungan tim BAWAS ini dapat menjadi motivasi bagi pegawai Pengadilan Agama Demak dalam menyelesaikan tugas pokoknya serta menjadi momentum untuk dapat bergerak ke arah pembaruan dan kemajuan Pengadilan Agama Demak. (Tim IT PA Demak)

PA Demak Alamat : Jl. Sultan Trenggono No.23 Demak.