pa-demak.go.id

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • a sertifikat iso web.jpg
  • header new1 copy.jpg
  • header new2 copy.jpg
  • online.jpg
  • onlinex.jpg

Pelantikan Ketua Wilayah PTA Jawa Tengah

E-mail Print PDF

 

Pesan Ketua PTA Jawa Tengah Saat Melantik 16 Ketua Pengadilan Agama

 

Semarang|pta-semarang.go.id


pelantikan kpa


Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah resmi melantik 16 Ketua Pengadilan Agama di wilayah Jawa Tengah. Pengangkatan 16 Ketua Pengadilan Agama tertuang dalam Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung tentang Promosi dan Mutasi Hakim Pengadilan Agama/Mahkamah Syari’ah di Lingkungan Peradilan Agama. 

Dalam sambutanya, Ketua PTA Jawa Tengah Drs. H. Mansur Nasir, SH., MHmengucapkan selamat kepada para Ketua Pengadilan Agama yang telah dilantik hari ini. “Saya ucapkan selamat dan sukses bagi para Ketua Pengadilan Agama yang baru diambil sumpah dan dilantik, mari kita bergabung menjadi keluarga besar Peradilan Agama di Jawa Tengah. Saudara merupakan pimpinan peradilan agama, sehingga saudara memegang peranan yang sangat strategis untuk membawa lembaga ini menjadi lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan” kata KPTA Semarang di Hotel Grasia, Senin (11/09/2017).

Dirinya mengingatkan mutasi, promosi, maupun bertukar posisi harus disyukuri, karena tidak semua orang diberi kesempatan untuk mengabdikan potensi dirinya di peradilan agama, oleh karena itu untuk mewujudkan rasa syukur, dirinya mengajak para ketua yang baru dilantik untuk mencurahkan tenaga dan pikiran sepenuhnya di peradilan agama dengan dibarengi semangat kerja keras dan cerdas, serta tidak mudah berpuas diri dan selalu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan diri.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan Ditjen Badan Peradilan Agama telah membuat kebijakan tentang Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu pengadilan agama/mahkamah syar’iyah yang akan segera ditindaklanjuti, yang perlu diketahui sebenarnya antara Sertifikasi ISO dan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu di pengadilan agama, keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mewujudkan perubahan dan perbaikan berkesinambungan di Pengadilan Agama/Pengadilan Tinggi Agama menuju tata kelola yang lebih baik.

“Langkah ini merupakan salah satu upaya dalam membangun citra positif peradilan melalui berbagai kebijakan pembaruan untuk mewujudkan pengadilan yang agung (Court of Excellence). Usaha-usaha yang ditempuh sebagaimana cetak biru Mahkamah Agung dimaksudkan untuk mencapai hasil, yaitu kebutuhan dan kepuasan pencari keadilan, pelayanan pengadilan yang terjangkau, kepercayaan dan keyakinan masyarakat (trust) pada pengadilan yang tinggi”. Kata dia.

Sebab menurut dia, agar tujuan tersebut terwujud, maka Badilag telah berupaya menyusun pedoman Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama sebagai standar acuan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi pengadilan agama, agar kualitas pelayanan pengadilan yang berprinsip pada efektifitas dan efisiensi dapat mewujudkan pelayanan prima.

Oleh karena itu dirinya mengharapkan kepada segenap jajaran Pimpinan Pengadilan Agama se Jawa Tengah, tanpa kecuali, untuk bertekad dan berperan aktif dalam mendorong, mengawal dan mewujudkan kinerja pengadilan yang terstandarisasi tersebut.

Menurut KPTA, untuk tahap pertama di tahun 2017 penentuan standarisasi Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Agama di Jawa Tengah, akan dipilih 1 (satu) Pengadilan Agama di masing-masing koordinator, selanjutnya dari 6 Pengadilan Agama yang diusulkan tersebut setelah dilakukan assesment internal oleh Tim Assesment Internal, hasilnya akan diverifikasi oleh Tim Assesment PTA Jawa Tengah.

Hasil verifikasi dari Tim Assesment PTA Jawa Tengah akan didapatkan Pengadilan Agama Unggulan yang akan dilakukan pendampingan oleh Tim PTA Jawa Tengah dan selanjutnya akan diusulkan ke Pusat untuk mendapatkan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu, sedangkan untuk tahun 2018 semua Pengadilan Agama di Jawa Tengah harus sudah bersertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu.

Berikut adalah 16 Ketua Pengadilan Agama di Jawa Tengah yang telah dilantik :

 

No

Nama

Jabatan

1

Drs. Ali Mufid

Ketua Pengadilan Agama Kudus Kelas I.B

2

Drs. H. Suwoto, SH., MH

Ketua Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B

3

Drs. H. Tahrir

Ketua Pengadilan Agama Purwokerto Kelas I.A

4

Drs. Bahruddin, MH

Ketua Pengadilan Agama Surakarta Kelas I.A

5

Dr. Drs. H. Masduqi, SH., MH

Ketua Pengadilan Agama Kebumen Kelas I.A

6

Drs. H. Nuheri, SH., MH

Ketua Pengadilan Agama Slawi Kelas I.A

7

Drs. Muh. Zainuddin, SH., MH

Ketua Pengadilan Agama Wonosobo Kelas I.A

8

Drs. H. Musaddad Zuhdi, MH

Ketua Pengadilan Agama Wonogiri Kelas I.B

9

Suhardi, SH

Ketua Pengadilan Agama Sragen Kelas I.A

10

Drs. Abd Rozaq, MH

Ketua Pengadilan Agama Pati Kelas I.A

11

H. M. Lutfi, SH., M.Hum

Ketua Pengadilan Agama Ambawara Kelas I.B

12

Drs. Subroto, MH

Ketua Pengadilan Agama Batang Kelas I.B

13

Hj. Sri Sulistyani Endang Setyawati, SH., MSI

Ketua Pengadilan Agama Purbalingga Kelas I.B

14

Drs. Agus Yunih, SH., MHI

Ketua Pengadilan Agama Klaten Kelas I.B

15

Drs. H. Rohmad Ariadi, SH

Ketua Pengadilan Agama Demak Kelas I.B

16

Drs. H. Tubagus Masrur, SH

Ketua Pengadilan Agama Magelang Kelas II

ADD COMMENT

 

PA Demak Alamat : Jl. Sultan Trenggono No.23 Demak.