pa-demak.go.id

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • a sertifikat iso web.jpg
  • header new1 copy.jpg
  • header new2 copy.jpg
  • online.jpg
  • onlinex.jpg

Waskat

E-mail Print PDF

 

Pengawasan Melekat (Waskat) Pengadilan Agama Demak

 

A. DASAR PENGAWASAN

Pengawasan merupakan salah satu fungsi pokok manajemen untuk menjaga dan mengendalikan agar tugas-tugas yang harus dilaksanakan dapat berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan rencana dan aturan yang berlaku.

Dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan pada Pengadilan Agama Demak, berpedoman pada :

  1. Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : KMA/080/SK/ VIII/2006 tanggal 24 AgustusTentang Pedoman Pelaksanaan Pengawasan di Lingkungan Lembaga Peradilan.
  2. Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : KMA/145/KM/ SK/VIII/2007 Tentang Pemberlakuan Buku IV Pedoman Pelaksanaan Pengawasan di Lingkungan Badan-Badan Peradilan.
  3. Surat Keputusan Ketua PengadilanDemak Nomor : W11-A15/456/Ps.01/III/2014 tertanggal 09 Februari 2017, tentang Penunjukan Hakim Pengawas Bidang Pada Pengadilan Agama Demak.

 

B. MAKSUD, TUJUAN DAN FUNGSI PENGAWASAN

1. Maksud Pengawasan

Pengawasan Internal yang mencakup 2 (dua) jenis pengawasan yaitu Pengawasan Melekat dan Pengawasan Fungsional, dilaksanakan dengan maksud :

  1. Untuk memperoleh informasi apakah penyelenggaraan tehnis peradilan, pengelolaan administrasi peradilan, dan pelaksanaan tugas umum peradilan, pada Pengadilan Agama Demak telah dilaksanakan sesuai dengan rencana dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Untuk memperoleh umpan balik bagi kebijaksanaan, perencanaan dan pelaksanaan tugas-tugas peradilan.
  3. Untuk mencegah terjadinya penyimpangan, mal administrasi dan ketidakefisienan penyelenggaan peradilan.
  4. Untuk menilai kinerja aparat peradilan Pengadilan Agama Demak.

2. Tujuan Pengawasan

Pengawasan yang merupakan serangkaian kegiatan yang bersifat sebagai pengendalian yang terus menerus secara preventif dan represif, baik yang dilakukan oleh atasan langsung terhadap bawahannya maupun aparat pengawasan yang khusus ditunjuk untuk melaksanakan tugas pengawasan tersebut, bertujuan :

  1. Untuk menopang kerangka manajemen peradilan yang baik pada Pengadilan Agama Demak.
  2. Untuk menciptakan kondisi yang mendukung kelancaran, kecepatan, dan ketepatan pelaksanaan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi peradilan.
  3. Untuk memberikan masukan berupa data, fakta, pertimbangan dan rekomendasi kepada pimpinan PengadilanDemak sebagai bahan untuk menentukan kebijakan dan tindakan yang diperlukan menyangkut pelaksanaan tugas-tugas peradilan.

3.  Fungsi Pengawasan

Pengawasan yang dilaksanakan pada Pengadilan Agama Demak, berfungsi untuk :

  1. Menjaga agar pelaksanaan tugas lembaga peradilan sesuai dengan rencana dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Mengendalikan agar administrasi peradilan dikelola secara tertib sebagaimana mestinya, dan aparat peradilan melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya.
  3. Menjamin terwujudnya pelayanan public yang baik bagi para pencari keadilan yang meliputi kualitas putusan, waktu penyelesaian perkara yang cepat dan biaya perkara yang murah.

 

C. PELAKSANAAN PENGAWASAN

Pengawasan pada Pengadilan Agama Demak dilaksanakan dengan melakukan pemeriksaan secara rutin/regular terhadapa seluruh aspek penyelenggaraan peradilan yang meliputi :

  1. Pelaksanaan tugas pokok dilingkungan kepaniteraan yang mencakup bidang administrasi persidangan dan administrasi perkara.
  2. Pelaksanaan tugas pokok dilingkungan kesekretariatan yang mencakup bidang administrasi kepegawaian, keuangan, inventaris, dan administrasi umum.
  3. Pelaksanaan atas penyelenggaraan manajemen peradilan, kinerja lembaga peradilan dan pelayanan publik serta perilaku pe
  4. jabat dan pegawai Pengadilan Agama Demak.

D. NAMA HAKIM PENGAWAS BIDANG

Untuk merealisasikan pelaksanaan tugas-tugas pengawasan tersebut, Ketua Pengadilan Agama Demak telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Demak Nomor : W11-A15/456/Ps.01/II/2017 tertanggal 09 Februari 2017, tentang Penunjukan Hakim Pengawas Bidang Pengadilan Agama Demak, sebagai berikut :

 

DAFTAR LAMPIRAN KEPUTUSAN KETUA PENGADILAN AGAMA DEMAK

Nomor : W11-A15/456/PS.01/II/2017, tanggal 09 Januari 2017

Tentang Hakim Pengawas Bidang

No.

NAMA / NIP

JABATAN DALAM DINAS

BIDANG PENGAWASAN

1

2

3

4

 

 

 

 

1

Drs. H. KHOER AFFANDI, S.H.

Wakil Ketua Pengadilan

KOORDINATOR PENGAWASAN

NIP.19641215.199203.1.003

( Hakim Hadya Muda   )

 

 

 

 

 

2

Drs. H. MUTAWALI, S.H.,M.H.

Hakim Madya Muda

Manajemen Peradilan :

 

NIP. 19560301.199303.1001

a. Pragram kerja.

 

 

 

b. Pelaksanaan/pencapaian target

 

 

 

c. Pengawasan dan pembinaan.

 

 

 

d. Kendala dan hambatan

 

 

 

e. Faktor-faktor yang mendukung.

 

 

 

f. Evaluasi kegiatan.

 

 

 

 

3

Drs. H. SAIFULLAH, M.H.

Hakim Madya Muda

Administrasi Perkara :

 

NIP. 19600212.199303.1.002

 

1. Register gugatan

 

 

 

2   Register permohonan

 

 

 

3   Register banding

 

 

 

4   Reg1ster kasasi

 

 

 

5   Register PK

 

 

 

6. Register eksekusi

 

 

 

7. Register mediator

 

 

 

8. Register Kuasa

 

 

 

9. Register Akta cerai

 

 

 

10.Register Prodeo

 

 

 

11.Register penyitaan barang bergerak

 

 

 

12.Register penyitaan barang tidak bergerak

 

 

 

13.Register Permohonan Pembagian Harta

 

 

 

     Peninggalan diluar sengketa.

 

 

 

14.Register aksekusi arbitrase

 

 

 

15 Isbar Ru'yat.

 

 

 

 

4

Drs. ALI IRFAN, S.H.,M.H.

Hakim Madya Muda

Administrasi Perkara :

 

 

 

1 Prosedur penerimaan perkara.

 

 

 

2.Prosedur penerimaan permohonan banding

 

 

 

3.Prosedur penerimaan permohonan kasasi

 

 

 

4.Prosedur penerimaan permohonan peninjuan

 

 

 

   kembali

 

 

 

 

5

Dra. ULFAH

Hakim Madya Pratama

Administrasi Persidangan dan Pelaksanaan

 

NIP. 19620209.199803.2.002

 

Putusan :

 

 

 

a. Sistem pembagian perkara,PMH,PHS,

 

 

 

b. Ketepatan   waktu   pemeriksaan dan

 

 

 

   minutasi   dan

 

 

 

c. Minutasi perkara

 

 

 

d. Pelaksanaan putusan ( Eksekusi )

 

 

 

e. Mediasi dan laporan mediasi

 

 

 

 

6

ABDUL ROUF, S.Ag.,M.H.

Hakim Madya Pratama

Admistrasi Umum :

 

NIP.197311023.199903.1.002

 

a. Kepegawaian, organisasi dan tata laksana

 

 

 

b. Perencanaan, Teknologi Informasi dan pelaporan

 

 

 

Kasubag Umum dan Keuangan

 

 

 

a. Perpustakaan, tertib persuratan dan

 

 

 

   perkantoran

 

 

 

b. Keuangan dan pemerliharaan/perawatan inventaris

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Drs. ASFUHAT

Hakim Madya Muda

Kinerja Pelayanan Publik :

 

NIP. 19640907.199403.1.003

 

1. Pengelolaan manajemen.

 

 

 

2. Mekanisme Pengawasan

 

 

 

3. Kepemimpinan

 

 

 

4. Pembinaaan dan pengembangan SDM.

 

 

 

5. Tingkat ketertiban, kedisiplinan, ketaatan,

 

 

 

   kebersihan dan kerapian.

 

 

 

6. Kecepatan dan ketepatan penanganan perkara

 

 

 

7. Tingkat pengaduan masyarakat.

 

 

 

8. Register pengaduan

 

 

 

9. Laporan pengaduan

 

 

 

10. Meja informasi

 

 

 

11. Register informasi

 

 

 

12.Laporan informasi

 

 

 

 

 

 

 

 

8

NURBAETI, S.Ag.MH.

Hakim Pratama Utama

Administrasi Perkara :

 

NIP. 19771018.199703.2.002

 

1. PNBP dan laporan PNBP

 

 

 

2. Uang konsinyasi

 

 

 

3. Buku Induk Keuangan Perkara

 

 

 

4 Biaya Proses

 

 

 

 

9

RODIYAH, S.H.

Hakim Pratama Utama

Administrasi Perkara :

 

 

 

1. Buku Jurnal Gugatan

 

 

 

2. Buku Jurnal Permohonan

 

 

 

3. Buku Keuangan biaya eksekusi

 

 

 

4. Buku Jurnal Banding

 

 

 

5. Buku Jurnal Kasasi

 

 

 

6. Buku Jurnal PK

 

 

 

7. Buku Jurnal Permohonan Eksekusi

 

 

 

8. Buku Jurnal Hak-hak Kenapiteraan

 

 

 

 

Demak , 09 Februari 2017

Ketua Pengadilan Agama Demak,

TTD

Drs. MOH. SYAFRUDDIN, M. Hum.

NIP 19640401.199203.1.004

E. HASIL PENGAWASAN

Hakim Pengawas Bidang yang telah ditunjuk berdasarkan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Demak dengan dibarengi Surat Tugas dari Wakil Ketua Pengadilan Agama Demak, telah melakukan pemeriksaan secara regular dan komperhensif tentang tugas pokok Pengadilan dilingkungan Kepaniteraan dan Kesekretariatan, sesuai bidang tugas masing-masing setiap 3 (tiga) bulan sekali, yaitu periode :

  1. Bulan Januari s.d Maret.
  2. Bulan April s.d Juni.
  3. Bulan Juli s.d September
  4. Bulan Oktober s.d Desember

Hakim Pengawas Bidang sebelum melakukan pemeriksaan terlebih dahulu menentukan Obyek Pengawasan sesuai bidang masing-masing, lalu hasil temuan dirangkum dalam sebuah laporan yang dilengkapi dengan Kesimpulan dan Saran, yang dilaporkan kepada Ketua Pengadilan Agama Demak melalui Wakil Ketua Pengadilan Agama Demak;

Hasil temuan tersebut ditindaklanjuti oleh pimpinan Pengadilan Agama Demak, dengan mengadakan Rapat Dinas atau pertemuan rutin guna membahas temuan-temuan, dan mencari solusi terbaik dengan membuat perbaikan-perbaikan ataupun pembetulan.

 

PA Demak Alamat : Jl. Sultan Trenggono No.23 Demak.