Login

pa-demak.go.id

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • a sertifikat iso web.jpg
  • header new1 copy.jpg
  • header new2 copy.jpg
  • online.jpg
  • onlinex.jpg

 

SIPP PA Demak

Jadwal Sidang

Perkara Masuk

Perkara Putus

Jenis Perkara Diterima

Jenis Perkara Putus

Info Perkara

Keuangan Perkara

Error
  • Error loading feed data.

Selamat Datang di Website PA Demak

Pelantikan dan Pelepasan Hakim

E-mail Print PDF

 

PELANTIKAN DAN PELEPASAN HAKIM

SERTA PANITERA PENGGANTI PENGADILAN AGAMA DEMAK

 

alt

Foto saat acara Pelantikan, dari kiri ke kanan, Ketua Pengadilan Agama Demak Drs. H. Sudarmadi, S.H., Drs. H. Nur Salim, S.H., M.H.

 

DEMAK - Bertempat di ruang sidang utama PA Demak, pada hari Jum’at, tanggal 30 Desember 2011 telah dilaksanakan acara pelantikan dan pisah sambut Hakim dan Panitera Pengganti PA Demak.

Acara tersebut dimulai dengan pembacaan SK pengangkatan Hakim baru PA Demak An. Drs. H. Nur Salim, S.H., M.H. dilanjutkan dengan pelantikan dan sambutan perkenalan Hakim baru, kemudian sambutan perpisahan Hakim dan Panitera Pengganti yang dilepas yang diwakili oleh Drs. Radi Yusuf, M.H., dan dilanjutkan dengan kesan dan pesan terhadap Hakim dan Panitera Pengganti yang dilepas yang disampaikan oleh Drs. H. Ali Mahfud, S.H.

Sedangkan rangkaian sambutan yang terakhir disampaikan oleh Ketua PA Demak, Drs. H. Sudarmadi, S.H. yang memberikan pengarahan sebentar dan kemudian acara ditutup dengan pembacaan do’a oleh Shofwan,B.A. (Hakim PA Demak).

Hakim baru Drs. H. Nur Salim, S.H., M.H. yang baru dilantik semula adalah sebagai Hakim di PA Kudus, sedangkan Dra. Hj. Malihadza, S.H., M.H. mutasi ke PA Pati dan Drs. Radi Yusuf, M.H. mutasi ke PA Brebes yang keduanya sudah dilantik di tempat baru masing-masing beberapa hari lalu. Sementara itu Ahmad Khusasi, S.H. (Panitera Pengganti) saat ini memasuki masa purna tugas (pensiun).

alt

Foto saat acara sambutan perpisahan kesan dan pesan, dari kiri ke kanan, Ahmad Khusasi, S.H., Drs. Radi Yusuf, M.H., Istri Drs. Radi Yusuf, M.H.,Dra. Malihadza, S.H., M.H., Drs. H. Nur Salim, S.H., M.H.

alt

Foto saat acara Menyanyikan lagu Padamu Negeri.

Acara pelantikan dan pelepasan Hakim serta Panitera Pengganti dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, para Hakim dan pegawai PA Demak, Ibu-ibu Dharmayukti Karini, serta keluarga dari masing-masing pejabat yang dilantik dan dimutasikan. Turut hadir dalam rombongan pengantar dari PA Kudus, Drs. H. Wahid Abidin, M.H. (Ketua PA Kudus) dan beberapa Pejabat PA Kudus.

Ketua PA Demak, Drs. H. Sudarmadi, S.H., dalam sambutannya  menyampaikan selamat atas dilantiknya Drs. H. Nur Salim, S.H., M.H. sebagai Hakim di PA Demak dan selamat datang di PA Demak dan mengharapkan dengan kedatangan Hakim baru di PA Demak semoga dapat membantu menyelesaikan tugas-tugas yang ada di PA Demak. “Mutasi adalah hal yang biasa yaitu program dari Mahkamah Agung, oleh karena itu semua harus siap untuk menerima mutasi, baik nanti dimutasikan di wilayah yang jauh maupun dekat dan dengan adanya mutasi tersebut diharapkan agar dapat lebih baik dalam melayani masyarakat”, tambahnya.

Acara yang dimulai pada pukul 13.30 WIB itu berakhir pada pukul 15.00 WIB yang diakhiri dengan ucapan selamat kepada pejabat yang baru dilantik dan yang dimutasi serta yang memasuki masa pensiun..

Tim IT ikut mengucapkan selamat datang kepada Bapak Drs. H. Nur Salim, S.H., M.H. dan selamat bertugas di tempat yang baru kepada Bapak Drs. Radi Yusuf, M.H. dan Ibu Dra. Hj. Malihadza, S.H., M.H. serta selamat memasuki masa pensiun kepada Bapak Ahmad Khusasi, S.H., semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan dan keberkahan serta dapat memberikan manfaat di tengah kehidupan masyarakat sekitarnya.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          (Farid)

Last Updated on Sunday, 01 January 2012 14:59

Pembinaan Hakim & Pejabat Kepaniteraan

E-mail Print PDF

 

PEMBINAAN HAKIM DAN PEJABAT KEPANITERAAN

alt

Foto saat acara pembukaan Pembinaan Hakim dan Pejabat Kepaniteraan Pengadilan Agama Semarang, Purwodadi dan Demak, dari kiri ke kanan, Drs. Sudarmadi, S.H. (Ketua PA demak), Drs. H. Mafruchin Ismail, S.H. (Hakim Tinggi selaku Pembina) dan Drs. H. Yahya Arul, S.H. (Hakim Tinggi selaku Pembina).

DEMAK- Sebagai tindak lanjut hasil pengawasan reguler Pengadilan Agama di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Semarang Tahun 2011, pada tanggal 23 Desember 2011 Masehi, bertepatan dengan tanggal 27 Muharram 1433 Hijriyyah telah dilaksanakan Pembinaan Hakim dan Pejabat Kepaniteraan oleh Pengadilan Tinggi Agama Semarang melalui Bedah Berkas Perkara yang dilakukan di Pengadilan Agama Demak.

Acara dibuka tepat pukul 08.30 WIB oleh Ketua Pengadilan Agama Demak, Drs. H. Sudarmadi, S.H., yang dalam kata pengantarnya mengharapkan agar diskusi berjalan dengan lancar dan semoga pembinaan ini dapat menjadikan para hakim dan pejabat kepaniteraan lebih baik lagi dalam melaksanakan tugasnya.

Pembinaan yang berlangsung sampai pukul 14.30 WIB dengan dilanjutkan perumusan hasil diskusi itu diikuti oleh 3 (tiga) Pengadilan Agama, yaitu Pengadilan Agama Semarang, Pengadilan Agama Purwodadi dan Pengadilan Agama Demak, dengan masing-masing mengirimkan 12 (dua belas) orang peserta terdiri dari pimpinan, hakim, dan unsur kepaniteraan/ kejurusitaan.

Masing-masing Pengadilan Agama memaparkan berkas perkara yang telah diminutasi dan berkekuatan hukum tetap, yang disajikan oleh Majelis Hakim yang menyidangkan berkas tersebut, kemudian peserta dari pengadilan lain membedah dan mengevaluasi berkas tersebut dan ditanggapi oleh penyaji dan selanjutnya dibahas oleh Tim PTA Semarang.

Diskusi bedah perkara yang pertama disajikan dari Pengadilan Agama Semarang berupa perkara Cerai Talak Nomor: 1303/Pdt.G/2011/PA.Sm. dengan Majelis Hakim, Drs. Wahyudi, S.H., M.Si. sebagai Ketua Majelis, Dra. Hj. Ismiyati, S.H. dan Drs. Zaenal Arifin, S.H., M.H. masing-masing sebagai Hakim Anggota.

alt

Foto saat Pengadilan Agama Demak sebagai penyaji, dari kiri ke kanan, Ketua PA Demak, Drs. Sudarmadi, S.H. (selaku Moderator), Drs. H. Ali Mahfud, S.H. (Anggota Majelis), Hj. Nur Hidayati (Ketua Majelis), dan Drs. Ali Irfan, S.H., M.H. (Anggota Majelis).

Pada sesi kedua disajikan berkas dari Pengadilan Agama Purwodadi, berupa perkara Cerai Gugat Nomor: 1419/Pdt.G/2011/PA.Pwd. dengan Majelis Hakim, Drs. H. Yasin Irfan, M.H. sebagai Ketua Majelis, Drs. Syamsul Arifin, S.H., M.H. dan Drs. H. Aly Santoso, M.H. masing-masing Hakim Anggota. Kemudian pada sesi terakhir dipaparkan dari Pengadilan Agama Demak berupa perkara Cerai Talak Nomor: 0056/Pdt.G/2011/PA.Dmk. dengan Majelis Hakim, Dra. Hj. Nur Hidayati, sebagai Ketua Majelis, Dra. Hj. Malihadza, S.H., M.H. dan Drs. H. Ali Mahfud, S.H. masing-masing sebagai Hakim Anggota, dan untuk hakim anggota Dra. Hj. Malihadza, S.H., M.H. dalam acara tersebut digantikan oleh Drs. Ali Irfan, S.H., M.H. karena yang bersangkutan telah mutasi di Pengadilan Agama Pati.

Hadir pula di sela-sela acara bedah berkas berlangsung, Ketua PTA Semarang, Drs. H. Chatib Rasyid, S.H., M.H. yang singgah beberapa saat dan memberikan pengarahan selaku Tim Monitor. Dan pada akhir acara bedah berkas dilakukan pembinaan oleh Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Drs. H. Mafruchin, S.H. dan Drs. H. Yahya Arul, S.H., dengan dibantu oleh Drs. Kurniawan Efendi Putra, S.H., yang diakhir kata penutupnya berpesan agar kegiatan ini dilaksanakan dengan tulus ikhlas dan berjanji untuk melakukan tugas dengan lebih baik.

                                                                                                                                                                                                                                                                                          (Farid)

Last Updated on Friday, 30 December 2011 10:44

Assalâmu’alaikum Warahmatullâhi Wabarakâtuh

Selamat datang di Website Pengadilan Agama Demak

                 Pengadilan Agama Demak sebagai salah satu pelaksana kekuasaan kehakiman bertugas menerima, memeriksa dan mengadili serta menyelesaikan setiap perkara yang diajukan kepadanya dan tugas lain yang diberikan kepadanya berdasarkan peraturan perundang-undangan.

             Tugas dan kewenangan Pengadilan Agama Demak adalah memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara tertentu di tingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam di bidang : perkawinan, waris, wasiat, hibah, wakaf, shadaqah, dan ekonomi syari'ah. Dan memberikan itsbat kesaksian rukyat hilal dan pengangkatan anak berdasarkan hukum Islam, serta dapat pula memberikan keterangan  atau nasihat mengenai perbedaan penentuan arah kiblat dan penentuan waktu shalat, serta memberikan keterangan, pertimbangan, dan nasihat tentang hukum Islam kepada instansi Pemerintah di daerah hukumnya, apabila diminta.

Read more...

Pimpinan PTWP

E-mail Print PDF

 

KETUA PENGADILAN AGAMA DEMAK

PIMPIN PTWP CABANG SEMARANG

 

alt

Foto Bersama Usai Pemilihan Pengurus antar waktu PTWP Cabang semarang. Tampak deretan depan dari kiri ke kanan : Moh. Istighfari (Sekretaris), Hj. Rokhanah (Ketua lama), H. Sudarmadi (Ketua baru) dan Hadayani (Bendahara)

 

BAWEN – Setelah melalui lobi-lobi antar pengurus dan pembina PTWP Cabang Semarang dan dilanjutkan dalam suatu rapat yang berlangsung pada hari Jum’at, tanggal 16 Desember 2011, pukul 09.30 di lapangan Tenis Kampoeng Kopi Banaran, Jl. Raya Bawen – Solo Km. 1,5, akhirnya Ketua Pengadilan Agama Demak, Drs. H. Sudarmadi, S.H. terpilih menjadi Ketua Persatuan Tenis Warga Pengadilan (PTWP) Cabang Semarang.

Pemilihan pengurus antar waktu PTWP Cabang Semarang dilakukan karena adanya promosi/mutasi beberapa pengurus PTWP Cabang Semarang ke tempat tugas baru, yaitu: Ketua PTWP Cabang Semarang, Dra. Hj. Rokhanah, S.H., M.H. yang juga Ketua PA Ambarawa mendapat promosi sebagai Ketua PA Klas 1A Cikarang; Wakil Ketua, Drs. H. Moh Nor Hudlrien, S.H., M.H. yang juga Wakil Ketua PA Semarang mendapat promosi sebagai Ketua PA Klas 1A Medan, dan Anggota Komisi Pembinaan, Dra. Teti Himati yang semula Hakim PA Ambarawa mendapat mutasi sebagai hakim PA Purbalingga.

Rapat dibuka oleh Sekretaris I, Moh. Istighfari, S.H. dengan didampingi oleh Sekretaris II, Drs. Ali Irfan, S.H., M.H., dengan agenda pokok pembahasan penggantian pengurus PTWP Cabang Semarang yang mutasi/ promosi. Kemudian rapat selanjutnya dipimpin langsung oleh Ketua PTWP Cabang Semarang yang atas saran dan usul peserta rapat akhirnya disepakati untuk menggantikan Ketua PTWP Cabang Semarang dipercayakan kepada Ketua PA Demak, Drs. H. Sudarmadi, S.H. dan sebagai wakilnya ditunjuk H.M. Ali Syarifuddin, M. Lc., S.H. (Wakil Ketua PA Salatiga) dan untuk komisi-komisi ada penambahan, untuk komisi organisasi ditambah satu anggota, yaitu Drs. Shodiqin (Hakim PA Ambarawa), dan untuk komisi pembinaan ditunjuk Drs. H. Fuad (Hakim PA Ambarawa) sebagai pengganti Dra. Teti Himati, sehingga jumlah pengurus yang semula 13 orang menjadi 14 orang.

Drs. H. Sudarmadi, S.H. dalam sambutannya sesaat setelah dipilih sebagai ketua antar waktu PTWP Cabang Semarang mengajak kepada seluruh jajaran pengurus untuk bekerjasama yang baik guna melanjutkan program-program PTWP Cabang Semarang hingga tahun 2012 yang telah disusun sebagaimana dalam time schedule program kerja.

 alt

Beberapa Pengurus dan Pembina PTWP Cabang Semarang berpose setelah rangkaian acara berakhir. Tampak pada gambar no. 5 dari kiri KPA Purwodadi dan samping kanannya KPA Kendal yang juga Koordinator PA se Eks Karesidenan Semarang dan no.9 KPA Salatiga yang juga Bendahara PTWP Daerah Jawa Tengah.

 

Acara yang diawali dengan tenis bersama para pengurus dan pembina PTWP Cabang Semarang tersebut berlangung dalam suasana santai dengan mengambil tempat di tempat tunggu pemain yang memisahkan lapangan satu dengan lapangan dua. Hadir dari para pembina yaitu: KPA Semarang (Drs. Jasiruddin, S.H., M.Si.), KPA Purwodadi (Drs. H. Makmun, S.H., M.H.), KPA Kendal (Drs. Yusuf Buchori, S.H., M.Si.) KPA Salatiga (Drs. H. Masruhan MS, S.H., M.H.). Dan pada saat bersamaan di tempat yang sama juga telah berlangsung rapat koordinasi para Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama se eks Karesidenan Semarang.

Akhirnya kita berharap semoga kepengurusan antar waktu tersebut dapat bekerja sesuai harapan kita semua.[irf]

Last Updated on Friday, 23 December 2011 12:35

Bela Sungkawa

E-mail Print PDF

 

 

Inna lillaahi wa inna ilaihi roji'uun

Keluarga Besar Pengadilan Agama Demak

Turut berduka cita atas wafatnya

 

Bapak KUSNADI, S.H.

Panitera Sekertaris Pengadilan Agama Demak

Pada hari Selasa, 17 Juli 2012, Pukul 12.30 WIB di Blora

 

Semoga Allah SWT menerima amal kebaikannya, mengampuni dosa-dosanya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan.Amien.

Last Updated on Tuesday, 17 July 2012 14:20

Page 31 of 32

PA Demak Alamat : Jl. Sultan Trenggono No.23 Demak.

Joomla extensions by Siteground Hosting