Login

pa-demak.go.id

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • a sertifikat iso web.jpg
  • header new1 copy.jpg
  • header new2 copy.jpg
  • online.jpg
  • onlinex.jpg

 

SIPP PA Demak

Jadwal Sidang

Perkara Masuk

Perkara Putus

Jenis Perkara Diterima

Jenis Perkara Putus

Info Perkara

Keuangan Perkara

Error
  • Error loading feed data.

Selamat Datang di Website PA Demak

PPL UNISSULA 2012

E-mail Print PDF

 

 

PPL MAHASISWA FAI UNISSULA

DI PENGADILAN AGAMA DEMAK

 

Pada hari ini Senin, 9 Juli 2012 di Pengadilan Agama Kelas I.B Demak menerima Mahasiswa PPL (Pengalaman Praktek Lapangan) Fakultas Agama Islam (FAI) Jurusan Syari’ah Universitas Sultan Agung (UNISSULA) Semarang.

Acara pembukaan PPL yang dilaksanakan di Ruang Sidang 1 tersebut dipandu oleh Wakil Sekretaris PA Demak, Hj. Laila Istiadah, S.Ag., yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan Dekan FAI UNISSULA, DR. H. Ghofar Shidiq, M.Ag. Dekan FAI tersebut dalam sambutannya menyampaikan terima kasih banyak atas diterimanya mahasiswa FAI UNISSULA untuk melaksanakan PPL di PA Demak. Dikatakan pula bahwa selama perkuliahan para mahasiswa telah mendapatkan teori-teori tentang peradilan agama dan disinilah para mahasiswa akan melakukan prakteknya, yaitu akan melihat secara langsung proses peradilan, mulai dari proses pendaftaran perkara, administrasi perkara, dan proses persidangan. Dalam akhir sambutannya, Dekan FAI yang juga pengajar pada Program Magister Hukum UNISSULA itu berpesan kepada para mahasiswa, agar para mahasiswa aktif selama mengikuti kegiatan PPL sehingga mendapatkan pengalaman dan ilmu yang belum didapatkan di bangku perkuliahan.

 alt

DR. H. Ghofar Shidiq, M.Ag (Dekan FAI Unissula) dan Drs. H. Ma’mun (Waka PA Demak)

saat acara pembukaan kegiatan PPL Mahasiswa Jurusan Syariah FAI UNISSULA.

 alt

Drs. H. Nur Salim, S.H., M.H. dan Drs. Ali Irfan,S.H., M.H., Hakim PA Demak

selaku Pembimbing Mahasiswa PPL

Dalam acara pembukaan tersebut, Peserta PPL diterima oleh Wakil Ketua PA Demak, Drs. H. Ma’mun, karena kebetulan dalam waktu bersamaan Ketua PA Demak sedang mengikuti rapat koordinasi bersama ketua-ketua PA se eks Karesidenan Semarang yang bertempat di kantor PA Demak juga.

Wakil Ketua PA Demak dalam sambutannya menyampaikan maaf, karena Bapak Ketua PA Demak tidak bisa hadir dan menyampaikan selamat datang kepada para peserta PPL dan berpesan agar bila nanti mendapatkan hal-hal yang belum paham dalam mengikuti proses persidangan di ruang sidang agar ditanyakan kepada Majelis Hakim atau Hakim yang membimbing setelah persidangan selesai. Di akhir sambutannya, H. Ma’mun menyampaikan harapan agar dalam mengikuti PPL ini dapat bermanfaat dan “bercita-citalah setinggi langit, tapi apapun yang terjadi semoga bermanfaat bagi diri dan orang lain”, pungkasnya.

PPL kali ini diikuti oleh 58 Mahasiswa/i dari Jurusan Syari’ah FAI UNISSULA Semarang yang akan dilaksanakan selama 1 bulan, dengan dibagi menjadi 2 kelompok dan setiap kelompok akan mengikuti PPL selama 2 minggu. Bertindak selaku pembimbing dari unsur Hakim adalah Drs. Ali Irfan, S.H., M.H. dan Drs. H. Nur Salim, S.H., M.H. Sedangkan pembimbing lapangan dari unsur Dosen adalah Drs. Yasin Arief S., S.H.

 alt

 alt

Mahasiswa/i Jurusan Syariah FAI UNISSULA Semarang

Di akhir acara, Wakil Sekertaris PA Demak, Hj. Laila Istiadah, S.Ag. menyampaikan informasi berkaitan dengan ketentuan-ketentuan yang harus diindahkan oleh para mahasiswa PPL yang diantaranya agar para mahasiswa PPL datang tepat waktu yaitu pukul 07.30 WIB dan pulang pada pukul 15.00 WIB.

(Faried)

Last Updated on Friday, 13 July 2012 07:42

Observasi UNNES

E-mail Print PDF

 

OBSERVASI MAHASISWA

Fakultas Hukum UNNES Semarang


Demak, 18-06-2012

Untuk memperoleh pengetahuan secara langsung melalui Praktek Lapangan para Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada hari senin, 18 Juni 2012 telah melakukan kegiatan observasi di Pengadilan Agama Demak untuk mengetahui secara langsung praktek beracara di Pengadilan Agama Demak.

alt 

 Foto Sebelah kanan Drs. Ali Irfan, S.H., M.H, sebelah kiri M. H. Arwani, S.Ag, S.H.

Kegiatan observasi yang diikuti oleh sebanyak 16 (enam belas) mahasiswa itu dipandu oleh Drs. Ali Irfan, S.H., M.H. dan M.H. Arwani, S.Ag., S.H. Hakim PA Demak yang sekaligus sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

 alt

Peserta Observasi dari UNNES

Drs. Ali Irfan, S.H., M.H. dalam arahannya menyampaikan tentang Peraturan Perundang-undangan yang berkaitan dengan tugas dan kewajiban Peradilan Agama termasuk kewenangan dalam menangani sengketa Ekonomi Syari’ah.

Sementara M.H. Arwani, S.Ag., S.H. dalam arahannya menjelaskan tentang prosedur penyelesaian Gugatan/ Permohonan dan Administrasi Perkara.

Kegiatan pengarahan observasi yang dimulai pada jam 07.45 WIB diruang siding 1 itu berakhir pada jam 08.50 WIB, dan kemudian dilanjutkan dengan observasi ke ruang Kepaniteraan PA Demak. (Irf)

Last Updated on Monday, 02 July 2012 08:22

Bedah Berkas 2012

E-mail Print PDF

 

 

PEMBINAAN HAKIM, PEJABAT KEPANITERAANDAN JURUSITA PENGADILAN AGAMA DEMAK, PENGADILAN AGAMA KUDUS DAN PENGADILAN AGAMA JEPARA

 


Demak 1 Juni 2012

Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Demak telah berlangsung pembinaan Hakim, Pejabat Kepaniteraan dan Jurusita Pengadilan Agama Demak, Pengadilan Agama Kudus dan Pengadilan Agama Jepara dengan sistem bedah berkas. Kegiatan periodik yang dikoordinasikan oleh Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Semarang itu berlangsung pada hari Jum’at, tanggal 01 Juni 2012 yang diikuti oleh 47 peserta yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Hakim-Hakim, Panitera, Wakil Panitera, Panmud, Panitera Pengganti dan Jurusita/ Jurusita Pengganti dari ketiga pengadilan agama tersebut dengan dihadiri oleh Tim Hakim Tinggi PTA Semarang sebagai Nara Sumber, Drs. H.M.Djamhuri Ramadhan, S.H. , Drs. H. Thoyib M, S.H, M.H. (Hakim Tinggi) dan Drs. Kurniawan Efendi Putra, S.H.

alt

Foto Narasumber Dari PTA Semarang

 

Ketua Pengadilan Agama Demak, Drs. H. Sudarmadi, S.H. selaku penyelenggara kegiatan dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dasar hukum kegiatan pembinaan tersebut didasarkan atassuratKetuaPengadilanTinggiAgamaSemarangNomor:W11-A/1163/PS.01/IV/2012, tanggal30April2012,perihal Jadual Pelaksanaan Pembinaan Pengadilan Agama dan surat Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Nomor: W11-A/1176/PS.01/V/2012, tanggal 04 Mei2012, perihal Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pembinaan Sistem Bedah Berkas. Dan sebagai tuan rumah, Ketua Pengadilan Agama Demak juga menyampaikan ucapan selamat datang dan mohon maaf atas penyelenggaraan kegiatan ini apabila terdapat kekurangannya dalam pelayanan maupun penyajian konsumsi.

Kegiatan bedah berkas diawali dengan pembahasan terhadap berkas perkara Pengadilan Agama Kudus, Nomor: 0955/Pdt.G/2011/PA.Kds. oleh Tim Pembahas Pengadilan Agama Demak, lalu berkas perkara Pengadilan Agama Jepara, Nomor: 0964/Pdt.G/2011/PA.Jpr. oleh Tim Pembahas Pengadilan Agama Kudus, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan terhadap berkas Pengadilan Agama Demak, Nomor: 1950/Pdt.G/2001/PA.Dmk. oleh Tim Pembahas Pengadilan Agama Jepara. Setiap selesai pembahasan berkas dilanjutkan dengan tanggapan dari Tim Majelis Hakim dengan dibantu peserta lain dari Hakim dan Panitera Pengganti dari masing-masing pengadilan, yang meliputi materi: administrasi persidangan, teknis peradilan dan administrasi perkara. Selanjutnya disampaikan ulasan oleh Nara Sumber dari Pengadilan Tinggi Agama Semarang dari aspek teknis yustisial dan pola Bindalmin. Setelah usai melaksanakan shalat Jum’ah, acara dilanjutkan dengan pembahasan khusus putusan masing-masing pengadilan agama oleh Tim Pembahas dengan pola yang sama dengan pembahasan berkas.

alt

Foto Peserta Bedah Perkara Perwakilan dari PA Demak


Para Nara Sumber dalam pembinaannya telah memberikan pengarahan berkaitan dengan paparan para Tim Pembahas dan tanggapan masing-masing pengadilan yang berkasnya dibedah/dibahas, yang antara lain: SKUM itu harus dicetak 4 lembar, mekanisme mediasi untuk wilayah PTA Semarang sudah disepakati dan dibukukan oleh karena itu supaya diikuti panduan yang sudah ada, format BAP supaya supaya diusahakan bentuk iris talas, keterangan saksi tidak perlu dimintakan tanggapan kepada kedua belah pihak, melainkan kalau kedua belah pihak perlu bertanya bisa bertanya melalui majelis hakim, surat kuasa perlu perlu didaftarkan di kepaniteraan karena berkaitan dengan keuangan, identitas para pihak supaya lengkap khususnya jenis pekerjaannya misalnya sebagai apa, dan yang lebih penting diingatkan oleh para nara sumber adalah bagaimana hasil-hasil bedah berkas ini dapat dipraktekkan.

Kegiatan bedah berkas yang dimulai pukul 08.00 WIB akhirnya berakhir pada pukul 14.30 WIB yang ditutup dengan sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Demak, dan selanjutnya masing-masing pengadilan diminta mengumpulkan hasil pembahasan setelah disusun rapi untuk dikirimkan ke Pengadilan Tinggi Agama Semarang melalui koordinasi Pengadilan Agama Demak.[irf]

Last Updated on Tuesday, 05 June 2012 09:08

Workshop Teknis Yustisial

E-mail Print PDF

 

Workshop Teknis Yustisial

Bagi Hakim Pengadilan Agama se-Jawa Tengah

 

Semarang | pa-demak.go.id.

Suasana hening dan serius mewarnai kegiatan workshop para Hakim di lingkungan peradilan agama itu pada saat sesi pembuatan putusan yang didasarkan atas Berita Acara Persidangan (BAP) yang disediakan oleh panitia. Masing-masing perwakilan dari satker pengadilan agama se Jawa Tengah dengan menghadap laptop masing-masing tampak serius merumuskan setiap kalimat yang menjadi konsideran dari putusan yang mereka kerjakan.

Kegiatan yang berlangsug di salah satu meeting room Hotel Puri Garden Semarang malam itu dibimbing oleh nara sumber dari Hakim Tinggi Pengadilan Agama Semarang, yaitu DR. H.M. Arsyad Mawardi, S.H., M.Hum. dan Drs. H.M. Ichsan Yusuf, S.H., M.Hum. dengan materi pokok Panduan Pembuatan Putusan & Penemuah Hukum. Hal-hal yang diingatkan oleh para nara sumber kepada para peserta workshop dalam pembuatan putusan al. tentang kelengkapan identitas pihak-pihak, misalnya, “pekerjaan buruh”, harus dirinci “buruh apa?” dst. (Pasal 132 HIR); penulisan Kuasa Hukum setelah pihak (Pasal 118 ayat (1) HIR) dan kalau penulisannya lebih dulu Kuasanya daripada pihak, maka setidaknya redaksinya harus benar kedudukan masing-masing antara prinsipal (pihak) dengan kuasa hukum sebagai wakilnya; dalam pertimbangan hukum perlu dimuat tentang kewenangan pengadilan dan kedudukan hukum pihak-pihak (legal standing); dalam mengorek keterangan saksi-saksi tentang suatu peristiwa/ kejadian, Hakim harus detail, kapan, dimana, kenapa, bagaimana dst.; dalam pembuatan amar putusan harus dirinci dst.

Kegiatan workshop yang berlangsung selama dua hari itu, yaitu mulai hari Rabu, 25 April 2012 s.d Kamis, 26 April 2012 dibuka secara resmi oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Drs. H. Chatib Rasyid, S.H., M.H., dan diikuti oleh 72 orang Hakim dari 36 Pengadilan Agama, termasuk perwakilan dari Pengadilan Agama Demak, atas nama Drs. H. Mahfud, S.H. dan Drs. Ali Irfan, S.H., M.H.

Pada acara penutupan workshop, Ketua Panitia, Fahrur, S.HI. menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para peserta karena semuanya secara aktif telah mengikuti workshop, dan begitu pula Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang dalam sambutan penutupannya menyampaikan pesan kepada para peserta agar hasil workshop ini disampaikan kepada ketua masing-masing dan dengan tulus menerapkan hasil-hasil workshop tersebut.

(Terakhir diperbarui dan dimuat tanggal 09-05-2012 oleh Admin)

 alt

 alt

 

Last Updated on Wednesday, 09 May 2012 14:29

Latihan Tanding 13-4-12

E-mail Print PDF

 

LATIH TANDING

PTWP CABANG SEMARANG, PTWP CABANG SURAKARTA DAN PTWP CABANG PTA SEMARANG

 

 

Di pagi hari yang masih diselimuti kabut dan hembusan udara dingin, Tim Tenis PTWP Cabang Semarang, PTWP Cabang Surakarta dan PTWP Cabang PTA Semarang tampak bersemangat dengan kostum cerah memadati Lapangan Tenis Tunas Harapan Tingkir Salatiga. Hari itu, Jum’at, tanggal 13 April 2012, pukul 07.30 WIB saat berlangsung upacara pembukaan even Latih Tanding PTWP Cabang Semarang, PTWP Cabang Surakarta dan PTWP Cabang PTA Semarang.

Penyelenggaraan even tersebut adalah program kerja PTWP Cabang Surakarta yang diselenggarakan di Salatiga karena pertimbangan lokasi yang mudah dijangkau baik dari Semarang maupun dari Surakarta. Bertindak sebagai Pembina Upacara yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut adalah Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Semarang Drs. H. Mujtahidin, S.H., M.H.

Wakil Ketua PTA Semarang dalam sambutanya menyatakan, bahwa latih tanding tenis yang diikuti oleh tiga cabang PTWP ini merupakan sarana untuk pembinaan kesehatan jasmani dan rohani para pemain, dan disamping itu juga sebagai tolok ukur sejauh mana para pengurus PTWP Cabang dalam melakukan pembinaan terhadap para pemain yang berada di lingkungan masing-masing.

Lebih lanjut Wakil Ketua PTA Semarang berharap, semoga dengan pelaksanaan latih tanding tenis ini bisa terwujud komunikasi antar pemain dan warga pengadilan di lingkungan Peradilan Tinggi Agama Semarang, sehingga akan terjalin ukuwah yang nantinya diharapkan bisa diperoleh dan prestasi muncul kader-kader pemain baru yang kualitasnya lebih baik. Di akhir sambutannya, Wakil Ketua PTA Semarang juga menyampaikan ucapan selamat kepada panitia penyelanggara dari PTWP Cabang Surakarta yang telah menunjukan kerja sama yang baik dalam rangka mencapai kesuksesan penyelanggaraan latih tanding tenis tiga cabang, yang merupakan 3 cabang terbaik hasil PTA Cup Jawa Tengah di Sukoharjo Tahun 2011, tanggal 21 – 23 April 2011, dan juga berpesan kepada para pemain supaya menjaga sportifitas untuk meraih prestasi dan ukhuwah.

Tim Tenis PTWP Cabang Semarang beberapa hari sebelumnya dalam menghadapi even latih tanding tersebut telah mengadakan serangkaian persiapan berupa seleksi tim pemain yang diselenggarakan tanggal 30 Maret 2012 di Lapangan Tenis Graha Candi Golf Semarang, dengan menghasilkan pemain hakim 5, karyawan 5, putri 5 dan pemain veteran 2.

 

Adapun hasil pertandingan dari 3 Cabang dengan mengacu sistem tanding PTWP secara umum terdiri dari single Hakim, single Karyawan, double Hakim, double Karyawan, double Campuran ditambah dengan single Putri dan 2 double untuk putri sesuai data dari panitia penyelenggara adalah sebagai berikut:

PTWP Cabang Surakarta Vs Cabang PTA Semarang (Score 4-1);

PTWP Cabang Surakarta Vs PTWP Cabang Semarang (Score 4-1);

PTWP Cabang PTA Semarang Vs PTWP Cabang Semarang (Score 3-2);

Tim Putri PTWP Cabang Surakarta Vs PTWP Cabang Semarang (Score 2-1);

Juara I adalah PTWP Cabang Surakarta, Juara II PTWP Cabang PTA Semarang dan Juara III PTWP Cabang Semarang.

[Irf]

 

 

Page 28 of 31

PA Demak Alamat : Jl. Sultan Trenggono No.23 Demak.

Joomla extensions by Siteground Hosting